SISTEM EKSKRESI MANUSIA

Sistem Ekskresi Manusia


SISTEM EKSKRESI MANUSIA

Biologi sebagai salah satu bidang IPA  di dalamnya mempelajari tentang manusia, hewan, tumbuhan dan lingkungan yang mempunyai hubungan sangat erat dengan peserta didik dan guru.
Biologi sebagai salah satu bidang IPA menyediakan berbagai pengalaman belajar untuk memahami konsep dan proses sains. Ketrampilan proses ini meliputi ketrampilan mengamati, mengajukan hipotesis, menggunakan alat dan bahan dengan baik dan benar, selalu mempertimbangkan keamanan dan keselamatan kerja, mengajukan pertanyaan, menggolongkan dan menafsirkan data, mengkomunikasikan hasil temuan secara lisan atau tertulis, menggali dan memilih informasi factual yang relevan untuk menguji gagasan-gagasan atau memecahkan masalah sehari-hari. (Lampiran Permendiknas No 22 Tahun 2006).

Kebijakan kurikulum pendidikan IPA SMP yang saat ini  menuntut guru IPA agar berupaya dapat menyajikan IPA secara terpadu,  merupakan tantangan yang cukup berat bagi guru IPA. Di sisi lain kebijakan ini sesungguhnya dapat memotivasi guru lebih giat belajar untuk lebih memahami konsep-konsep IPA yang selama ini tidak diampunya. Sebagai contoh, guru IPA berlatar belakang pendidikan fisika atau kimia tentu harus berupaya keras untuk memahami kosep-konsep biologi tersebut agar dapat membelajarkan peserta didiknya sesuai dengan arah pembelajaran IPA yang telah ditentukan kurikulum.

Kompetensi dasar yang diharapkan dikuasai guru SMP IPA dalam hal ini adalah   sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan, dalam makalah ini akan dijelaskan tentang sistem ekskresi manusia yang di dalamnya mempelajari tentang macam-macam organ penyusun sistem ekskresi pada manusia, fungsi sistem ekskresi pada manusia gangguan dan kelainan pada sistem ekskresi pada manusia.
Demikian postingan mengenai contoh makalah tentang sistem ekskresi manusia yang saya share semoga bermanfaat.

Selengkapnya download di sini...
Pasword : acehedukasi

0 Response to "SISTEM EKSKRESI MANUSIA"