BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Pendidikan
adalah salah satu penentu kualitas sumber daya manusia. Untuk itu pemerintah
dengan segala keterbatasannya sudah berusaha untuk memajukan pendidikan di
Indonesia dengan berbagai cara. Salah satu yang sudah dilakukan pemerintah
adalah penggantian kurikulum yang dinilai lebih sesuai. Dimana, jika dulu
pemerintah menetapkan kurikulum 1994 dengan basis teori behavoristik yang berakibat pada teacher center pada model pembelajarannya, sekarang pemerintah memberlakukan
kurikulum yang dinilai lebih sesuai. Kurikulum yang sekarang masih kita
pergunakan adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang lebih menekankan
kepada eksplore potensi siswa. Kurikulum ini adalah lanjutan dari Kurikulum
Berbasis Kompetensi. KTSP berbasis pada teori konstruktivistik yang lebih mendalam bagi pengembangan kreativitas
siswa dibanding dengan teori behavioristik.
Pada
kurikulum KTSP yang telah ditetapkan ini, lebih menekankan adanya berbagai
kreativitas guru dalam menyempurnakan pembelajaran. Pembelajaran di sekolah
mencakup beberapa proses yaitu input,
proses dan output. Dalam input diantaranya terdiri dari
pengetahuan siswa. Pada proses diantaranya mencakup berbagai metode yang
diterapkan oleh guru untuk menyampaikan materi. Sedangkan pada Output terdapat tahapan penilaian untuk
mengetahui keberhasilan yang telah dicapai.
Penilaian
adalah proses output yang sangat
penting untuk mengukur keberhasilan tujuan yang telah diterapkan dalam
kurikulum. Penilaian sendiri mempunyai berbagai metode yang dapat digunakan
oleh guru. Dalam makalah ini akan dibahas mengenai penilaian portofolio untuk
menambah wawasan para pendidik/guru yang nantinya dapat diterapkan dalam
praktek di sekolah.
0 Response to "MAKALAH POTOFOLIO "
Post a Comment