MAKALAH POTOFOLIO

BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Pendidikan adalah salah satu penentu kualitas sumber daya manusia. Untuk itu pemerintah dengan segala keterbatasannya sudah berusaha untuk memajukan pendidikan di Indonesia dengan berbagai cara. Salah satu yang sudah dilakukan pemerintah adalah penggantian kurikulum yang dinilai lebih sesuai. Dimana, jika dulu pemerintah menetapkan kurikulum 1994 dengan basis teori behavoristik yang berakibat pada teacher center pada model pembelajarannya, sekarang pemerintah memberlakukan kurikulum yang dinilai lebih sesuai. Kurikulum yang sekarang masih kita pergunakan adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang lebih menekankan kepada eksplore potensi siswa. Kurikulum ini adalah lanjutan dari Kurikulum Berbasis Kompetensi. KTSP berbasis pada teori konstruktivistik yang lebih mendalam bagi pengembangan kreativitas siswa dibanding dengan teori behavioristik.
Pada kurikulum KTSP yang telah ditetapkan ini, lebih menekankan adanya berbagai kreativitas guru dalam menyempurnakan pembelajaran. Pembelajaran di sekolah mencakup beberapa proses yaitu input, proses dan output. Dalam input diantaranya terdiri dari pengetahuan siswa. Pada proses diantaranya mencakup berbagai metode yang diterapkan oleh guru untuk menyampaikan materi. Sedangkan pada Output terdapat tahapan penilaian untuk mengetahui keberhasilan yang telah dicapai.

Penilaian adalah proses output yang sangat penting untuk mengukur keberhasilan tujuan yang telah diterapkan dalam kurikulum. Penilaian sendiri mempunyai berbagai metode yang dapat digunakan oleh guru. Dalam makalah ini akan dibahas mengenai penilaian portofolio untuk menambah wawasan para pendidik/guru yang nantinya dapat diterapkan dalam praktek di sekolah.

Selengkapnya download di sini....
Password : acehedukasi

0 Response to "MAKALAH POTOFOLIO "