STRUKTUR JARINGAN TUMBUHAN

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Kebijakan kurikulum pendidikan IPA SMP saat ini yang menuntut guru IPA dapat menyajikan IPA secara terpadu merupakan tantangan yang cukup berat bagi guru IPA. Di sisi lain kebijakan ini sesungguhnya dapat memotivasi guru lebih giat belajar untuk lebih memahami konsep-konsep IPA pada sub mata pelajaran IPA lainnya yang selama ini tidak diampunya. Sebagai contoh, guru IPA berlatar belakang pendidikan fisika tentu harus beupaya keras untuk memahami kosep-konsep biologi agar dapat membelajarkan siswanya sesuai dengan arah pembelajaran IPA yang telah ditentukan kurikulum
Arah pembelajaran IPA sesuai dengan tuntutan kurikulum adalah  untuk “mencari tahu” dan “berbuat” sehingga dapat membantu siswa untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang alam sekitar.Salah satu fenomena alam sekitar yang menjadi materi biologi SMP adalah struktur dan fungsi tumbuhan. Agar siswa lebih mudah memahami materi tersebut, guru dituntut mampu berperan sebagai pengembang materi yang kontekstual. Tuntutan agar dapat mengembangkan materi yang kontekstual tersebut dapat dipenuhi bila guru menguasai konsep-konsep dasar struktur dan fungsi tumbuhan.
Kompetensi standar yang diharapkan untuk dikuasai guru IPA jenjang SMP pada materi struktur dan fungsi tumbuhan adalah mampu mengaitkan struktur dan fungsi organ pada tumbuhan. Pada makalah ini disajikan pembahasan tentang jaringan penyusun organ tumbuhan serta organ tumbuhan secara lengkap, yaitu akar, batang, daun, bunga, dan biji dimaksudkan agar diperoleh pengetahuan yang utuh tentang organ tumbuhan.


B. Tujuan Penulisan Makalah
Tujuan penulisan makalah ini dapat dirinci sebagai berikut:
1.        Memenuhi tugas salah satu mata kuliah Kajian Sains Biologi pada semester II
2.        Meningkatkan kompetensi guru IPA, khususnya penulis, pada materi Struktur dan Fungsi Organ Tumbuhan

 Selengkapnya download di sini...
 Pasword : acehedukasi


0 Response to "STRUKTUR JARINGAN TUMBUHAN"