BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Kebijakan
kurikulum pendidikan IPA SMP saat ini yang menuntut guru IPA dapat menyajikan
IPA secara terpadu merupakan tantangan yang cukup berat bagi guru IPA. Di sisi
lain kebijakan ini sesungguhnya dapat memotivasi guru lebih giat belajar untuk lebih
memahami konsep-konsep IPA pada sub mata pelajaran IPA lainnya yang selama ini
tidak diampunya. Sebagai contoh, guru IPA berlatar belakang pendidikan fisika
tentu harus beupaya keras untuk memahami kosep-konsep biologi agar dapat
membelajarkan siswanya sesuai dengan arah pembelajaran IPA yang telah
ditentukan kurikulum
Arah pembelajaran IPA sesuai dengan tuntutan kurikulum adalah
untuk “mencari tahu” dan “berbuat” sehingga
dapat membantu siswa untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang
alam sekitar.Salah satu fenomena alam sekitar yang menjadi materi biologi SMP adalah
struktur dan fungsi tumbuhan. Agar siswa lebih mudah memahami materi tersebut,
guru dituntut mampu berperan sebagai pengembang materi yang kontekstual. Tuntutan
agar dapat mengembangkan materi yang kontekstual tersebut dapat dipenuhi bila
guru menguasai konsep-konsep dasar struktur dan fungsi tumbuhan.
Kompetensi
standar yang diharapkan untuk dikuasai guru IPA jenjang SMP pada materi
struktur dan fungsi tumbuhan adalah mampu mengaitkan struktur dan fungsi organ
pada tumbuhan. Pada makalah ini disajikan pembahasan tentang jaringan penyusun
organ tumbuhan serta organ tumbuhan secara lengkap, yaitu akar, batang, daun,
bunga, dan biji dimaksudkan agar diperoleh pengetahuan yang utuh tentang organ
tumbuhan.
B.
Tujuan Penulisan Makalah
Tujuan
penulisan makalah ini dapat dirinci sebagai berikut:
1.
Memenuhi tugas salah satu mata kuliah Kajian Sains
Biologi pada semester II
2.
Meningkatkan kompetensi guru IPA, khususnya penulis,
pada materi Struktur dan Fungsi Organ Tumbuhan
Selengkapnya download di sini...
Pasword : acehedukasi
0 Response to "STRUKTUR JARINGAN TUMBUHAN"
Post a Comment