BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Biologi sebagai salah
satu bidang IPA di dalamnya mempelajari
tentang manusia, hewan, tumbuhan dan lingkungan yang mempunyai hubungan sangat
erat dengan peserta didik dan guru.
Biologi
sebagai salah satu bidang IPA menyediakan berbagai pengalaman belajar untuk memahami
konsep dan proses sains. Ketrampilan proses ini meliputi ketrampilan mengamati,
mengajukan hipotesis, menggunakan alat dan bahan dengan baik dan benar, selalu
mempertimbangkan keamanan dan keselamatan kerja, mengajukan pertanyaan,
menggolongkan dan menafsirkan data,
mengkomunikasikan hasil temuan secara lisan atau tertulis, menggali dan memilih
informasi factual yang relevan untuk menguji gagasan-gagasan atau memecahkan
masalah sehari-hari. (Lampiran Permendiknas No 22 Tahun 2006).
Kebijakan
kurikulum pendidikan IPA SMP yang saat ini menuntut guru IPA agar berupaya dapat
menyajikan IPA secara terpadu, merupakan
tantangan yang cukup berat bagi guru IPA. Di sisi lain kebijakan ini
sesungguhnya dapat memotivasi guru lebih giat belajar untuk lebih memahami
konsep-konsep IPA yang selama ini tidak diampunya. Sebagai contoh, guru IPA
berlatar belakang pendidikan fisika atau kimia tentu harus berupaya keras untuk
memahami kosep-konsep biologi tersebut agar dapat membelajarkan peserta
didiknya sesuai dengan arah pembelajaran IPA yang telah ditentukan kurikulum.
Kompetensi
dasar yang diharapkan dikuasai guru SMP IPA dalam hal ini adalah sistem pernapasan pada manusia dan hubungannya
dengan kesehatan, dalam makalah ini akan dijelaskan
tentang sistem pernapasan manusia yang di dalamnya mempelajari tentang
pengertian pernapasan, proses pernapasan, alat-alat penapasan manusia dan kelainan atau
penyakit pada sistem pernapasan.
Selengkapnya download di sini...
Pasword : acehedukasi
0 Response to "SISTEM RESPIRASI"
Post a Comment